Jangan biarkan rambut rontok!, 5 Tips Menjaga Kesehatan Rambut -->

Advertisement

Jangan biarkan rambut rontok!, 5 Tips Menjaga Kesehatan Rambut

Minggu, 06 Januari 2019



Rambut merupakan sebuah mahkota yang sangat penting, penampilan seseorang biasanya bukan hanya dari pakaian namun rambut juga merupakan hal utama yang harus dirawat dan dijaga. Oleh karena itu kita harus tahu bagaimana cara merawat kesehatan rambut agar tetap sehat, lembut dan berkilau.
Demi menjaga mahkotanya, banyak orang rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli dan melakukan perawatan rambut yang mahal. Maraknya model rambut dengan gaya modern membuat rambut rawan rusak.

Tips Menjaga kesehatan rambut

Tanpa ke salon dan mengeluarkan biaya mahal kita dapat melakukan perawatan rambut sendiri, nah ikuti langkah-langkah berikut:
  • Keramas

Biasakan keramas dengan air dingin, karena air dingin mampu membuat peredaran darah menjadi lancar sehingga akar rambut tetap terjaga kekuatannya dan rambut rontok pun dapat kita hindari, selain itu air dingin bermanfaat untuk menjaga rambut tetap lembut dan berkilau. Selain itu untuk mengurangi zat kimia dari sisa produk yang kita gunakan, cukup menuangkan 3 sendok makan baking soda kedalam air untuk membilas rambut sebelum keramas.
  • Bungkus Rambut dengan handuk

Setelah keramas biasakan untuk membungkus rambut dengan handuk dari pada menggosoknya, karena rambut sangat rapuh saat basah sehingga mudah patah. Saat rambut basah jangan langsung menyisirnya, usahakan tunggu hingga kering dengan dibungkus handuk, karena menyisir saat rambut basah hanya akan membuat rambut rontok dan patah karena kusut.
  • Sisirlah dengan benar

Cara menyisir dengan benar adalah dengan menyisir bagian ujung rambut terlebih dahulu baru bagian atas, karena menyisir dari atas hanya akan membuat rambut rontok dan patah karena kusut. Menyisir rambut juga berpengaruh pada kesehatan rambut.
  • Vitamin D

Konsumsilah vitamin D secara teratur untuk membuat kekuatan rambut lebih baik, vitamin D bukan hanya sumber kalsium untuk tulang namun baik juga untuk kesehatan rambut. Karena saat kadar kalsium tulang berkurang maka kekuatan rambutpun berkurang juga.
  • Buatlah Produk kesehatan rambut sendiri

Kata bisa membuat produk sendiri dengan bahan alami seperti masker rambut yang terbuat dari alpukat, telur, santan, buah-buahan atau lidah buaya. Manfaat yang kita dapat pun sangat banyak dan cara membuatnya juga mudah.