Tips Mempersiapkan Peralatan Bagi Buah Hati




Bagi para calon orang tua baru yang menunggu lahirnya buah hati pasti akan bingung untuk memilih perlengkapan bayi pertama mereka. Untuk mempersiapakan kelahiran dari buah hati adalah hal yang wajib yang harus dilakukan oleh orang tua yang telah berusia kehamilannya antara  enam sampai tujuh bulan, berbelanja untuk kebutuhan bayi menjelang datangnya persalinan memang membingungkan bagi orang tua. Tidak jarang juga banyak dari orang tua yang terlalu mementingkan dekorasi untuk kamar si bayi, tapi perlengkapan yang utama malah dilupakan.

Dan untuk menghindari hal itu terjadi, kali ini kita akan membahas tentang perlengkapan untuk bayi yang baru lahir, baiklah langsung saja kita bahas.

Kain Bedong
Perlengkapan si bayi yang pertama ialah kain bedong, kain ini mempunyai kegunaan untuk menyelimuti si bayi agar lebih nyaman dan hangat, terutama di saat si bayi sedang tidur. Usahakan di saat membedong jangan terlalu ketat, Jika terlalu ketat itu bisa membahayakan si bayi, cobalah memberikan ruang yg agak longgar saat membedong agar si bayi dapat bergerak nyaman.

Perlak
kedua adalah perlak. Perlak adalah alas untuk bayi bahan-bahannya terdiri dari lapisan microfiber dan waterproof. Kegunaan perlak antara lain ialah untuk melindungi Kasur agar tidak terkena pipis di saat si bayi ngompol.

Baju
Perlengkapan si bayi yang ketiga ialah baju, meliputi kaos tangan pendek untuk bayi , singlet bayi, celana pendek dan celana Panjang. Baju untuk bayi biasanya sama untuk kedua jenis kelamin, yang membedakan hanyalah warnanya. Ingatlah untuk memilih baju dan lainnya tersebut memiliki bahan yang tidak gerah dan juga lembut serta yang mudah menyerap keringat.

Popok dan Pampers
Perlengkapan untuk bayi yang keempat adalah popok dan pampers, bagi bayi yang baru lahir popok dan juga pampers sangat penting untuk di sediakan. Namun sebaiknya pampers hanya di gunakan pada saat di luar rumah, selama masih di lingkungan rumah gunakanlah popok. Pilihlah popok dari kain yang lembut serta yang mudah menyerap  air.

Ranjang bayi
Perlengkapan untuk bayi yang kelima ialah tempat tidur (ranjang). Pilihlah ranjang yang empuk dan yang tidak ada sela agar si bayi tidak terjepit.

Kelambu
Perlengkapan untuk bayi yang keenam ialah kelambu. Kulit bayi sangat mudah iritasi jika di gigit oleh nyamuk, jadi alangkah baiknya jika kita menyiapkan kelambu untuk melindungi si bayi dari gigitan nyamuk. Pilihlah kelambu yang mempunyai bungkai kuat agar tidak mudah rubuh, perhatikan keseluruhan kelambu tidak mempunyai lubang sehingga nyamuk tidak dapat masuk.

Kain kasa dan alkohol
Perlengkapan untuk bayi yang ketujuh adalah kain kasa dan juga alkohol. Kain kasa dan alkohol berguna untuk membersihkan dan merawat luka tali pusar bagi si bayi.

Tisu basah dan kering
Perlengkapan untuk bayi yang kedelapan ialah Tisu basah dan kering, berguna untuk menyeka bekas susu ataupun membersihkan badan bayi di saat si bayi buang air.

Dot (botol susu) dan alat pembersih
Perlengkapan untuk bayi yang kesembilan ialah Dot dan alat pembersihnya. Dot biasanya di gunakan untuk menyusui si bayi d saat tengah bepergian dan di isi dengan ASI. Pilihlah botol susu yang BPA free (tanpa bahan kimia), biasanya sudah ada tertera di bungkusnya di saat kita membeli. Alat pembersihnya berfungsi untuk membersihkan botol susu tersebut.

Gendongan Bayi
Perlengkapan untuk bayi yang kesepuluh adalah gendongan. Sekarang gendongan untuk bayi sudah bermacam-macam bentuk tersedia, pilihlah gendongan yang lembut dan tidak pengap.

Sabun dan shampoo
Perlengkapan untuk bayi yang kesebelas ialah sabun dan shampo untuk bayi. Pilihlah sabun dan shampo yang baik untuk bayi karena sabun dan shampo sangat bernutrisi bagi si bayi, dan usahakan pilihlah yang tidak pedih di mata.

Handuk besar dan kecil
Perlengkapan untuk bayi yang keduabelas adalah handuk. Handuk besar dan kecil sangat di perlukan si bayi di saat dia selesai mandi, pilihlah handuk yang tidak berbahan keras karena dapat menyebabkan kulit bayi menjadi iritasi. Pilihlah handuk yang cepat menyerap air agar si bayi merasa hangat setelah di mandikan.

Minyak dan bedak
Perlengkapan untuk bayi yang ketigabelas yaitu minyak dan bedak. Minyak yang di perlukan sibayi adalah minyak telon, minyak rambut dan baby oil. Bedak bayi di gunakan d saat si bayi baru selesai mandi, namun jangan terlalu sering menggunakan bedak bayi karena bisa mengganggu saluran nafas si bayi.

Itu dia beberapa peralatan bayi yang harus orang tua siapkan dalam menghadapi persalinan, semoga dapat membantu bagi orang tua yang sedang bingung dalam menyiapkan peralatan bayi mereka yang akan lahir.




Posting Komentar

Distributed by Gooyaabi Templates | Designed by OddThemes