Apa itu Maksud dan Arti Huruf K yang Berada di Belakang Angka? -->

Advertisement

Apa itu Maksud dan Arti Huruf K yang Berada di Belakang Angka?

Senin, 11 Februari 2019



Apakah kalian orang yang tau arti huruf K dibelakang angka? Atau orang yang ikut-ikutan? Kemungkinan besar banyak orang yang tidak mengetahui dengan pasti apa itu arti atau kepanjangan huruf K yang berada di belakang angka. Untuk orang yang ikut-ikutan huruf K itu jelas menunjukkan seribu, karena sering tertulis didalam daftar harga ataupun dalam banyak media social.

Ya, memang benar huruf K yang berada dibelakang angka memang menunjukkan seribu seperti 1K = 1.000, 10K = 10.000 dan seterusnya, huruf K sudah banyak digunakan baik dalam menunjukkan harga maupun nominal angka ribuan dalam satuan uang ataupun lainnya.

Apa itu maksud dan arti huruf K yang berada dibelakang angka?
Maksud dan kepanjangan huruf K tersebut adalah Kilo yang memiliki arti ribu. Kita pasti sudah belajar yang namanya kilo dalam matematika seperti kilogram = 1.000gram, kilometer = 1.000meter dan lainnya.

Arti huruf K tidak selalu merujuk pada mata uang, namun dapat menunjukkan angka ribuan dalam media social twitter, instagram, youtube yang menyatakan jumlah follower, like maupun subscribe. Sedangkan untuk menunjukkan jumlah juta, biasanya menggunakan huruf M = Million dan milyar menggunakan huruf B = Billion.

Huruf K yang berarti ribu berasal dari bahasa yunani kemudian diadaptasi oleh group riset Antoine Lavoisier pada tahun 1975 dan diperkenalkan oleh sistem metric perancis pada tahun 1979.

Penggunaan huruf K sangat membantu, karena dapat mempersingkat tulisan nominal angka ribuan, juga dapat menghemat tempat saat membuat angka, baik nilai mata uang yang sering digunakan dalam daftar harga.

Nah, apakah sekarang kalian sudah mengetahui apa itu huruf K yang berada dibelakang angka? Setelah membaca artikel ini kalian bukan lagi termasuk orang yang cumin ikut-ikutan ngetren dengan penyebutan huruf K, namun telah menjadi orang yang mengetahui apa itu maksud dan arti huruf K tersebut.