Maag (Asam Lambung) Atau Gerd Bisa Membunuhmu Bag. II




Sebelumnya kita sudah membahas tentang penyakit maag bagian pertama, nah langsung aja kita lanjut pada pembahasan berikutnya ya sob.
Banyak dari penderita penyakit maag berpikir bahwa sakit maag itu dsebabkan oleh :
- Terlambat makan
- Meminum kopi
- Memakan asam
- Memakan makanan yang pedas
- Memakan beras ketan
- Memakan makanan yang bersantan, dll.

BUKAN itu sob!!!

Penyebab utama naiknya asam lambung bukan itu lho sob, hal-hal yang di sebutin di atas itu hanya penyebab sekunder. Penyebab utama sakit maag yang paling banyak justru stress dan kurang gerak.

Stress
Stress menduduki tempat paling utama untuk jadi penyebab tukak lambung, konsentrasi asam lambung akan meningkat beberapa kali lipat jauh lebih tinggi justru terjadi pada saat stress jika dibandingkan dengan terlambat makan.

Kurang gerak
Kurangnya gerak pada tubuh kita membuat gerak peristaltic pada usus dan lambung melemah sehingga bisa membuat asam lambung tidak terproses dengan baik dan menumpuk.
Sebagai contoh setelah makan langsung tidur-tiduran, hal ini akan membuat Usus tidak mencerna makanan dengan baik. Dan akibatnya dapat memicu asam lambung untuk keluar lebih banyak, dikarenakan makanan tersebut kurang terlumat dengan baik pada proses-proses pencernaan sebelumnya. Untuk mencegah maag kambuh kita perlu menghindari faktor pencetus seperti diatas dan sebaiknya makan dalam porsi yang kecil namun lebih sering.

Apabila keluhan maag sobat disertai dengan rasa terbakar dari ulu hati lalu menjalar hingga leher dan pangkal lidah, dan disertai mulut terasa pahit, Gigi mudah berlubang, serta bau dari mulut, maka kemungkinan sobat mengalami Gerd (Gastroesofagal Refluks), yaitu bentuk maag yang lebih berat karena terjadi aliran balik dari asam lambung dan menyebabkan iritasi di sepanjang saluran pencernaan atas.

Banyak penderita penyakit maag mengira dengan mengkonsumsi sayur dan buah bisa membantu untuk mengurangi gejala sakit maag dan itu SALAH BESAR. Kenapa?
Dengan mengkonsumsi daging yang lebih banyak justru akan sangat membantu penderita penyakit maag. Ko bisa?
Hal itu dianjurkan karena daging membuat proses pencernaan lebih lama daripada sayur dan buah, sehingga membuat asam lambung bekerja dengan makimal untuk menghancurkan daging yang sobat makan.

Sakit maag yang di sebabkan oleh bakteri Helicobacterpylori
Ada salah satu penyebab sakit maag yang disebabkan karena serangan bakteri, dan jika parah hal ini perlu penanganan medis khusus. Bakteri Helicobacterpylori sebenarnya adalah bakteri yang sangat penting untuk proses pencernaan dan umumnya mereka bersarang di mulut. Lalu bagaimana kita mengetahui maag yang kita derita di sebabkan oleh bakteri? 
Coba sobat tes sendiri, sobat tidak perlu menyikat gigi sebelum tidur. Sobat rasakan jika besoknya setelah bangun jika maag sobat kambuh maka ada kemungkinan penyakit maag sobat di sebabkan oleh bakteri. Walaupun bakteri ini penting jika berlebihan karena sobat tidak menyikat gigi dan kemudian tertelan hingga ke lambung maka akan menyebabkan tukak lambung. Tapi jangan khawatir sob, jika hal ini terjadi sobat hanya perlu rajin menyikat gigi sebelum tidur, bangun tidur dan setelah makan.


Sakit maag tidak akan pernah sembuh
Kenapa? Ya karena maag sebenarnya itu bukan penyakit, namun sudah mekanisme alami dari tubuhdan sangat berperan penting bagi proses pencernaan. Karena itu lah, biasanya sesekali tetap akan muncul yang namanya tukak lambung tersebut.
Yang terpenting yang harus kita lakukan adalah menjaganya untuk tidak berlebihan dan menyebabkan sakit dan komplikasi yang lebih parah lainnya. Asam lambung itu normal dan penting bagi proses pencernaan di dalam tubuh kita, tapi jika berlebihan dan tidak dikelola dengan baik bisa melumpuhkan kita lho sob.

Sumber : dr. Imam Susilo


Posting Komentar

Distributed by Gooyaabi Templates | Designed by OddThemes