Khasiat Misoprostol (Gastrul) -->

Advertisement

Khasiat Misoprostol (Gastrul)

Sabtu, 06 April 2019




Misoprostol dikenal dengan nama dagangnya Gastrul, obat ini juga dikenal dikalangan masyarakat dengan khasiatnya sebagai obat pemicu aborsi. Tahukah anda, apa sesungguhnya khasiat misoprostol untuk tubuh dan apa efek samping penggunaannya pada wanita hamil. Serta bagaimana tata cara pemakaian misoprostol yang baik dan benar.

Misiprostol Tablet
Misoprostol adalah obat untuk lambung, yaitu mencegah tukak lambung dan peradangan pada lambung. Selain itu misoprostol juga dapat menurunkan kadar asam pada lambung dan meningkatkan lendir serta bicarbonate yang berfungsi melindungi lambung dan usus itu sendiri.

Penggunaan obat misoprostol yang benar harus terpantau oleh dokter atau dengan kata lain harus dengan resep dokter dan tinjauan dari dokter. Cara minum obat misoprostol juga lain dari pada obat golongan pengobatan lambung pada umumnya. Yaitu, diminum setelah makan atau tidak dengan keadaan lambung kosong.

Gastrul
Lalu apa efek sampingnya, sedangkan obat ini hanyalah pengobatan pada tukak lambung dan usus. Sifat dari misoprostol inilah yang membuat serviks menjadi lunak dan mengakibatkan keguguran pada ibu hamil dan muntah berat pada ibu menyusui. Cara kerja misoprostol yang mengakibatkan kontraksi pada Rahim itulah menimbulkan Rahim kram dan memaksanya pengguguran sel. Resiko terbesarnya adalah pendarahan hebat karena efek samping dari kontraksi itu sendiri. Oleh sebab itu misoprostol sangat dicari untuk pengguguran Rahim pada ibu hamil yang diluar nikah.

Cara pemakaian misoprostol untuk pasien tukak lambung dan usus harus sesuai anjuran dokter atau resep dokter. Pada umumnya obat misoprostol dikonsumsi secara oral, 2-4x sehari sesudah makan. Sedangkan untuk aborsi pada ibu hamil konsumsi oral dalam sehari tidak akan menimbulkan efek samping apapun selama dosis masih dalam batas wajar. Akan tetapi langkah baiknya misoprostol pada ibu hamil atau menyusui konsultasi pada dokter yang menangani.