Alat P3K Yang Harus Dimiliki -->

Advertisement

Alat P3K Yang Harus Dimiliki

Selasa, 02 April 2019




P3K adalah Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan. Hal yang sangat diperlukan saat terjadi kecelakaan baik itu ringan ataupun parah. P3K juga memiliki arti sebagai usaha untuk pertolongan dan perawatan sementara untuk korban kecelakaan sebelum korban mendapatkan pertolongan. Didalam situasi darurat, kita diharuskan untuk segera bertindak dengan cepat, oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk mengenal dengan baik alat-alat P3K dan harus mengetahui alat apa yang harus kita gunakan untuk menangani cedera yang berbeda-beda.
Karena pentingnya alat p3k ini maka berikut adalah alat-alat p3k yang setidaknya harus kita persiapkan :

Perban atau plester (hansaplast)
perban wajib dimiliki dirumah karena termasuk dalam golongan pertolongan pertama pada kecelakaan. Untuk golongan luka kecil seperti sayatan pisau mungkin bisa ditutupi dengan hansaplast begitu pun dengan luka yang besar seperti sobekan mungkin lebih memungkinkan diberi pertolongan menggunakan perban agar darah yang mengalir terminimalisir olehnya.

Obat demam dan analgetik
Obat demam lebih sering diperlukan karena lebih mudah didapat dan cepat dalam mengobati, contohnya parasetamol (sanmol, panadol, etc).

Antiseptik
Antiseptik juga wajib dimiliki, karena dapat mengganti alkohol yang sekarang sulit didapat. Contohnya seperti revanol. Ini berguna untuk  membersihkan luka kecil maupun luka terbuka agar tidak semakin memperparah luka dan menghindari bakteri serta infeksi pada kulit.

Thermometer
Alat ini sangat diperlukan pada rumah yang mempunyai anak kencil didalamnya. Kapan pun saat anak panas atau sedang lemas masih bisa kita pantau.

Salep
Kenapa harus salep, salep yang tersedia berupa fungsi salep untuk otot seperti keseleo atau krim, salep luka bakar dan salep antibiotik untuk luka sayatan.

Obat diare
Ini sangat diperlukan daripada yang lainnya, karena kadang diare sangat mengganggu aktifitas, jadi sebaiknya persediaan ini harus selalu tersedia.

Obat tetes mata
Kadang disaat kita berkendara mengakibatkan mata perih dan gatal, mungkin bisa menjadi pilihan dalam penyimpanan obat di rumah.

Obat darurat
Obat ini diperuntukkan bagi yang memiliki anggota keluarga menderita penyakit tertentu seperti asma dan alergi.

Kasa steril atau perban steril

Pembalut elastis

Gunting kuku
Digunakan untuk menggunting kuku atau bagian kulit yang dapat menimbulkan cedera

Gunting

Kompres dingin

Hypapix atau perekat perband dan kasa steril

Sarung tangan
Agar tetap terjaga steril pada luka dan menghindari kontaminasi kuman

Nah itu dia alat-alat p3k yang seenggaknya kita harus punya di rumah, setidaknya dengan adanya alat ini kita dapat melakukan pertolongan pertama dengan segera.